Sabtu, 14 Agustus 2010

Puasa dan Bulutangkis


Wawancara dengan Uda Kido ini waktu Bulan September tahun 2008 saat Uda masih di Pelatnas Cipayung.


Bulan Ramadhan akhirnya datang lagi. Sebagai orang Muslim, bulan puasa jadi saat yang gue tunggu-tunggu. Soalnya, ini kan kesempatan kita buat beramal, mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya, sekaligus minta ampun atas dosa-dosa banyak banget sebelum bulan puasa. Hehehe. Makanya, gue semangat banget menjelang bulan puasa. Sayangnya, kesibukan sebagai pebulutangkis bikin puasa gue nggak segampang itu untuk dilalui.

Nggak seperti sekolah yang selalu pulang lebih awal selama bulan puasa, nggak ada pengurangan jadwal latihan di Pelatnas. Awalnya, gue pikir itu nggak adil banget buat kita yang berpuasa. Tapi, lama-kelamaan gue malah bersyukur karena jadwal latihan nggak berkurang. Soalnya, kalau nggak ada latihan, waktu pasti terasa lama banget dan puasa pastinya terasa lebih berat. Lagipula, kalau waktu latihan berkurang bukan cuma kemampuan teknis bulutangkis kita yang berkurang, tapi badan juga bisa jadi gendut karena kurang olahraga. Hahaha. Makanya, selama bulan puasa di Pelatnas latihan pun tetap seperti biasanya. Sesi pertama mulai jam 8 sampai jam 11 dan sesi kedua mulai jam 3 sampai jam 6 sore.

Latihan 6 jam sehari dengan porsi latihan yang nggak berkurang sama sekali memang nggak segampang yang gue pikirin. Godaan yang terbesar tentu saja menahan haus. Latihan terus menerus pastinya menguras tenaga banget. Kalau nggak bulan puasa, gue biasanya minum kurang lebih 3 botol minuman isotonik. Soalnya kan berkeringat banget, makanya gue butuh itu untuk mengganti cairan yang keluar plus supaya nggak dehidrasi juga. Jadi, kebayang dong hausnya pas bulan puasa? Makanya, gue selalu menjauh dari tempat minuman selama bulan puasa. Takut tergoda!

Walaupun lagi puasa, nggak berarti latihan jadi asal-asalan atau nggak serius. Namanya juga sudah cinta bulutangkis, gue tetap latihan serius dan nggak setengah-tengah hanya karena takut kecapean dan puasanya batal. Malahan, saking seriusnya latihan, suatu kali gue malah lupa kalau lagi puasa. Alhasil, gue langsung menenggak dua botol minuman isotonik waktu lagi break latihan. Setelah menghabiskan dua botol sampai tuntas, baru deh gue inget kalau lagi puasa! Kacau!

Menghadapi sesi latihan yang terasa makin berat di bulan puasa, gue punya trik sendiri, yaitu sahur yang cukup. Menurut gue, penting banget makan banyak pas sahur supaya kita bisa mengambil banyak kalori yang bakal kita pakai seharian. Makanya, gue selalu banyak makan. Selain menu harian yang disediakan di Pelatnas waktu sahur, seperti nasi, daging, ayam, dan sayur, gue juga selalu menambah susu dan vitamin supaya kuat! Biarpun masih ngantuk pas sahur, makan tetap harus jalan terus.

Latihan rutin bikin gue nggak sempat dan nggak pernah menikmati yang namanya ngabuburit. Soalnya, pas menjelang jam berbuka puasa, gue pasti lagi latihan di lapangan bareng teman-teman yang lain. Tapi, enaknya gue jadi nggak harus pusing menunggu waktu berbuka. Pokoknya lagi serius-seriusnya latihan tiba-tiba dengar adzan Maghrib saja. Hehehe. Menu favorit gue pas berbuka adalah korma, kolak pisang, atau es buah. Standard sih, tapi itu yang paling enak, terutama kurma. Sejak kecil, gue selalu makan kurma kalau bulan puasa, pokoknya harus ada kurma.

Puasa di Pelatnas bikin gue suka kangen suasana puasa di rumah. Soalnya kita selalu sahur bareng keluarga di rumah. Tapi, mama suka datang juga sih bawa makanan dan kita makan rame-rame sekeluarga di Pelatnas. Jadi, lumayan terobati deh kangennya.

Tapi, tahun ini puasa gue kayaknya bakal tambah berat lagi. Soalnya, pertengahan bulan September nanti, gue mesti bertanding di kejuaraan Jepang dan Cina Terbuka. Porsi latihan pun bakal nambah untuk persiapan pertandingan. Walaupun lebih berat, gue akan tetap berusaha menjalankan puasa. Siapa tahu saja karena lebih berat, pahalanya dua kali lipat? Hahaha..


Selamat Berpuasa,

Markis Kido


sumber: Majalah Gadis (September, 2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar