Jumat, 28 Januari 2011

Cukuplah Allah Menjadi Penolong Kami Dan Allah Adalah Sebaik-Baik Pelindung

Menyerahkan semua perkara kepada Allah, bertawakkal kepada-Nya, percaya sepenuhnya kepada janji-janji-Nya, ridha dengan apa yang dilakukannya, berbaik sangka kepada-Nya, dan menunggu dengan sabar pertolongan dari-Nya merupakan buah keimanan yang paling agung dan sifat paling mulia dari seorang mukmin. dan ketika seorang hamba tenang bahwa apa yang akan terjadi itu baik baginya, dan ia menggantungkan setiap permasalahannya hanya kepada Rabb-nya, maka ia akan mendapatkan pengawasan, perlindungan, pencukupan serta pertolongan dari Allah s.w.t.

Syahdan, ketika Nabi Ibrahim a.s dilempar ke dalam kobaran api, ia mengucapkan, “Hasbunallaah wa ni’mal wakil“, maka Allah menjadikan api yang panas itu dingin seketika. Dan Ibrahim-pun tidak terbakar. Demikian pula yang dilakukan Rasulullah s.a.w dan para sahabatnya. Tatkala mendapat ancaman dari pasukan kafir dan penyembah berhala, mereka juga mengucapkan, “Hasbunallaah wa ni’mal wakiil“.

“Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung. Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar dari) Allah, mereka tidak mendapat bencana apa-apa, mereka mengikuti keridhaaan Allah. Dan, Allah mempunyai karunia yang besar.” (QS Ali ‘Imran 173-174).

Manusia tidak akan mampu melawan bencana, menaklukan setiap derita, dan mencegah setiap malapetaka dengan kekuatannya sendiri. Sebab manusia adalah makhluk yang sangat lemah. Mereka akan mampu menghadapi itu semua dengan baik hanya bila bertawakal kepada Rabb-nya. Karena jika tidak demikian, jalan keluar mana lagi yang akan ditempuh manusia yang lemah tak berdaya in saat menghadapi ujian dan cobaan ??

“Dan, hanya kepada Allahlah hendaknya kamu bertawakkal jika kamu benar-benar beriman.” (QS Al-Maa’idah 23)

Wahai orang yang ingin menyadarkan dirinya, bertawakkallah kepada Yang Maha Kuat dan Maha Kaya yang kekuatannya amat besar ada pada-Nya. Itu bila anda mau keluar dari kesusahan dan selamat dari bencana. Jadikanlah “Hasbunallaah wa ni’mal wakiil” syiar dan semboyan yang selalu menyelimuti langkah hidup anda. Jika harta anda sedikit, hutang anda banyak, sumber penghidupan anda kering, dan mata pencaharian anda terhenti, mengadulah kepada Rabb-mu seraya mengucapkan, “Hasbunallaah wa ni’mal wakiil“.

Jika anda takut kepada seorang musuh, cemas terhadap perlakuan orang zalim, atau khawatir dengan suatu bencana, maka ucapkanlah dengan tulus kalimat ini, “Hasbunallaah wa ni’mal wakiil“.

“Dan, cukuplah Rabb-mu menjadi Pemberi Petunjuk dan Penolong.” (QS Al-Furqaan 31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar